Squash Provinsi DKI Jakarta

Dipublikasikan pada 28 Jul 2019 oleh Administrator


Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta siap mendukung kemajuan olahraga squash di Jakarta. Terbukti, GOR Koja di Jakarta Utara yang saat ini sedang dalam proses pembangunan bakal mengakomodir para atlet squash Jakarta untuk berlatih dan bertanding di sana.

Dengan, DKI Jakarta akan memiliki dua lapangan olahraga cabor squash yakni di GOR Rawamangun dan GOR Koja.

Kepala Dispora Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus mengatakan, lapangan squash di GOR Koja memiliki luas sekitar 250 meter persegi dan akan memiliki tiga arena. "Lapangannya sangat cocok untuk squash, bisa tiga lapangan squash di sana, mudah-mudahan ada jumbonya full glass court," ucap Firdaus saat menghadiri acara Fit & Fun with Squash di GOR Squash Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (27/7). Firdaus juga membidik lahan aset Pemprov DKI Jakarta yang ada di Cakung, Jakarta Timur untuk dibangun GOR yang juga menyediakan lapangan untuk olahraga squash.

Pembangunan yang diprediksi mulai tahun 2020 akan berstandar internasional dan saat ini sedang tahap studi banding.

Menurutnya, tema Wajah Baru Jakarta yang disusung pada HUT Jakarta tahun ini juga harus mencakup peningkatan infrastruktur dan sarana prasarana penunjang olahraga, termasuk squash. "Rencana di daerah Jakarta Timur lahan sudah disiapkan nanti stadion permanen untuk squash ini ada tribun. Secara komprehensif untuk peningkatan olahraga squash," kata Firdaus.

Ketua Pengprov Persatuan Squash Indonesia (PSI) DKI Jakarta, Amalia Chrisna Damayanti menyambut baik dukungan Pemprov DKI Jakarta kepada olahraga squash.

Amalia mengatakan, pada dasarnya olahraga merupakan ekosistem yang baik sebagai tempat bertumbuhnya anak bangsa. "Oleh karena itu, anak-anak penyuka squash juga harus memperoleh fasilitas dan kesempatan yang sama seperti cabang olahraga lainnya," ucap Amalia.

Ditambahkan Amalia, Pengprov DKI Jakarta kini tengah berupaya membangun beberapa lapangan squash baru bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Selain itu, Kejuaraan Daerah Provinsi DKI Jakarta cabang squash kini mulai rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali.