DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA DKI JAKARTA
Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta menggelar Kejuaraan Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 di Gelanggang Olahraga Ciracas

Dipublikasikan pada 24 Jul 2019 oleh Administrator


Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta menggelar Kejuaraan Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 di Gelanggang Olahraga Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (23/7). Kejuaraan ini diikuti oleh 1.200 pelajar tingkat SD, SMP dan SMA/SMK yang sebelumnya telah menjadi pemenang di Kejuaraan Olahraga Tradisional Tingkat Kota.

Adapun cabang olahraga yang dipertandingkan yakni Hadang, Sumpitan, Terompah Panjang, Dagongan, Engrang, dan Lari Balok untuk SD.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus mengatakan, kejuaraan ini sebagai bentuk nyata pemerintah dalam melestarikan permainan atau olahraga tradisional yang mulai terlupakan di kehidupan masyarakat.

Selain itu, kejuaraan ini sangat positif karena bisa menjadi ajang interaksi dan menambah persahabatan serta persaudaraan antar peserta. "Kejuaraan ini bermanfaat bagi seluruh peserta dalam meningkatkan kesehatan dan kebugaran, memupuk rasa persatuan dan kesatuan, serta melestarikan budaya daerah kepada generasi penerus," kata Achmad.

Kepala Bidang Pengembangan Olahraga Dispora DKI Jakarta, Ahmad Djazimi mengatakan, para pemenang akan dikirim ke Kejuaraan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional yang diadakan oleh Kemenpora di Bandung rencananya Oktober 2019 mendatang. "Pemenangnya akan dikirim ke tingkat nasional sesuai dengan nomor yang dipertandingkan di sini. Setelah ini akan ada pembinaan persiapan menuju tingkat nasional oleh sudin masing-masing, kami dari Dinas akan pantau dan awasi," kata Djazimi.

Berikut Juara 1 untuk masing-masing kelas di Kejuaraan Olahraga Tradisional Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019 :

Dagongan Putri Juara 1 Jakarta Utara, Dagongan Putra Juara 1 Jakarta Utara, Hadang Putri Juara 1 Jakarta Timur B, Engrang Putra Juara 1 Jakarta Utara, Terompah Panjang Putri Juara 1 Jakarta Utara B, Sumpitan Mix Juara 1 Jakarta Utara B, Terompah Panjang Putri SMP Juara 1 Jakarta Timur, dan Lari Balok SD Juara 1 Jakarta Utara.