Kejuaraan Olahraga Antar Pondok Pesantren Tingkat Provinsi DKI Jakarta

Dipublikasikan pada 06 Aug 2019 oleh Administrator


Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta menggelar Kejuaraan Olahraga Antar Pondok Pesantren Tingkat Provinsi DKI Jakarta di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brojonegoro, Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (6/8). Kejuaraan yang berlangsung sampai 8 Agustus 2019 ini diikuti oleh 800 peserta yang merupakan santri dari lima wilayah kota administrasi dan satu kabupaten di Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi DKI Jakarta, Achmad Firdaus mengatakan, kejuaraan ini dilaksanakan secara berjenjang di tingkat kota maupun kabupaten terlebih dahulu.

Firdaus menambahkan, Kejuaraan Olahraga Antar Pondok Pesantren Provinsi DKI Jakarta ini sebagai ajang seleksi dan pengiriman ke tingkat nasional di Bandung pada November mendatang. "Sekarang tiap wilayah sudah punya wakilnya masing-masing di tingkah provinsi, tentu di tingkat provinsi ini akan terpilih mana atlet-atlet yang akan mewakili DKI Jakarta untuk ke tingkat nasional," urai Firdaus.

Dikatakan Firdaus, nantinya para pemenang akan mendapat pembinaan di pusat latihan sebelum diberangkatkan ke tingkat nasional supaya lebih matang dan siap. "Mereka selain pintar mengaji akan bagus kalau di tingkat olahraga juga, jadi antara jasmani dan rohani saling mendukung. Kita ada training center sebelum keberangkatan ke tingkat nasional karena kita tidak ingin asal-asalan menjaga nama baik Provinsi DKI Jakarta," urai Firdaus.

Kepala Bidang Pengembangan Olahraga, Achmad Djazimi mengatakan, Kejuaraan Olahraga Antar Pondok Pesantren Provinsi DKI Jakarta ini adalah yang ke-10 kalinya diadakan.

Ada enam cabor yang dipertandingkan yakni, pencak silat, bola voli, futsal, atletik, dan senam santri. Untuk cabor futsal diselenggarakan di Lapangan Futsal GOR Rawamangun, Jakarta Timur. "Selain ajang silaturahmi, kejuaraan ini untuk menggali prestasi. Kami ingin seluruhnya baik umum maupun pesantren bisa perprestasi di berbagai level kejuaraan," kata Dzajimi. .