DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA DKI JAKARTA
Pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV Tahun 2019

Dipublikasikan pada 17 Nov 2019 oleh Administrator


Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV Tahun 2019 resmi dibuka di Hall A, Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu malam  (17 – 11 - 2019).

Untuk diketahui acara Pembukaan Popnas XV 2019 kali ini turut didukung oleh Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora sehingga berlangusung meriah.

" Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya dengan bangga menyatakan POPNAS XV 2019 dengan ini resmi dibuka. Sama seperti sebelumnya, saya berharap ajang ini kembali bisa melahirkan atlet terbaik untuk mewakili Indonesia dalam ajang internasional pada masa depan," ungkap Menpora saat memberikan sambutan Pembukaan..

Dalam kesempatan tersebut, Menpora berharap ajang ini bisa menjadi landasan para atlet Indonesia di masa yang akan datang.

Acara pembukaan diawali dengan pengenalan maskot POPNAS XV dan parade defile peserta dari 34 provinsi. Juga dimeriahkan dengan tarian, atraksi dan pertunjukkan musik yang milenial.

Popnas XV 2019 pada awalnya akan diadakan di Papua pada Oktober sebagai rangkaian menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Namun, Papua belakangan menyatakan tidak sanggup karena faktor kesiapan infrastruktur. Kemenpora kemudian mengambil alih dan mengajak kerja sama pemerintah DKI Jakarta dan Jawa Barat untuk menjadi tuan rumah.

Kemepora juga meminta LPDUK sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah Kementerian ini, untuk mendukung pendanaan POPNAS XV.

Karena itu, Menpora mengapresiasi kerjasama dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat yang mampu mempersiapkan pergelaran POPNAS XV dengan waktu yang relatif singkat mengingat pesta olahraga antar pelajar itu seharusnya dilangsungkan di Papua.