Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI Jakarta menggelar donor darah

Dipublikasikan pada 10 Nov 2020 oleh Administrator


Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta menggelar donor darah, Selasa (10/11).


Plt. Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Budiyono mengatakan, donor darah hari ini adalah pelaksanaan yang keempat pada tahun ini.


"Kita memang rutin adakan donor darah setahun dua kali, tapi karena tahun ini berbeda kita adakan empat kali," ungkap Budi.


Budi menjelaskan, kegiatan donor darah ini berdasarkan Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Donor Darah Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemprov DKI Jakarta Tahun 2020.


Budi mengatakan, bertepatan dengan momen Hari Pahlawan kegiatan ini sekaligus menanamkan nilai-nilai kepahlawanan bagi para pendonor.


"Karena bagaimanapun mereka adalah pahlawan kemanusiaan, darah yang mereka donor bermanfaat untuk sesama yang membutuhkan. Selain itu, membantu mengatasi kekurangan darah di tengah Pandemi Covid-19 khususnya Jakarta," kata Budi.

Kegiatan donor darah ini diikuti 75 pendonor terdiri dari, PNS, atlet binaan, dan PJLP di lingkungan Dinas maupun Sudin Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, termasuk anggota organisasi kepemudaan.


Salah seorang atlet pencak silat binaan DKI Jakarta, Dino Bima Sulistianto (23) antusias mendonorkan darahnya. Dino berharap darah yang dia donorkan dapat bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan.


Dia mengajak atlet lainnya untuk melakukan hal yang sama, karena selain mengatasi keterbatasan stok darah di Jakarta, donor darah dapat bermanfaat untuk kesehatan diri sendiri.


"Untuk teman-teman atlet ayo donor darah, bantu sesama kita. Mudah-mudahan darah yang kita donorkan bermanfaat untuk orang lain. Lagipula donor darah bermanfaat untuk kesehatan diri sendiri, karena darah itu beregenerasi terus," ungkap Dino.