Gubernur Apresiasi Prestasi Jakarta Youth Choir

Dipublikasikan pada 22 Dec 2020 oleh Administrator


Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengapresiasi capaian luar biasa yang berhasil diraih tim Jakarta Youth Choir (JYC) di tengah pandemi. Anies berkomitmen untuk terus mendukung langkah tim paduan suara tersebut agar terus berkembang.

Tim paduan suara Jakarta Youth Choir yang merupakan binaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta berhasil menjadi yang terbaik di ajang Consorco Corale Internazionale Roma 2020.

Penghargaan diserahkan secara simbolis dan virtual oleh Panitia Chorus Inside Iternasional kepada Konduktor. Jakarta Youth Choir, Septo Adi Kristianto Simanjuntak Minggu (20/12) petang waktu Roma.

"Tentu ada kesulitan tersendiri, terlebih dunia sedang menghadapi pandemi. Namun, pandemi tidak menyurutkan semangat tim JYC untuk berupaya menjadi yang terbaik. Alhamdulillah, hasilnya seluruh delegasi JYC telah memukau dunia. Ini adalah bukti kerja keras, kolaborasi pemuda-pemudi berprestasi di Jakarta. Kami akan terus mendukung JYC untuk meraih puncak-puncak baru. Semoga JYC terus menjadi tamu yang memesona di negeri orang dan tuan rumah yang hebat di negeri sendiri," ujar Anies, Selasa (22/12), seperti dikutip dari siaran pers PPID Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dispora DKI Jakarta, Achmad Firdaus merasa bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih Jakarta Youth Choir. Prestasi tersebut menjadi salah satu semangat dan teladan bagi anak-anak muda Jakarta untuk terus kreatif dan berprestasi walaupun dalam situasi pandemi.

"Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan anak-anak muda di Ibukota untuk berkarya dan mengharumkan tidak hanya Jakarta, tapi juga Indonesia di kancah internasional," ungkapnya.

Founder dan Pembina Jakarta Youth Choir yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi
Pemberdayaan Pemuda Dispora DKI Jakarta, Ponirin Ariadi Limbong menambahkan, Consorco Corale Internazionale Roma 2020 berlangsung secara virtual 19-20 Desember 2020.

"Kompetisi ini diikuti 40 paduan suara dari 14 negara yakni, Italia, Rusia, Polandia, Hungaria, Colombia, Kuba, Ukrania, Belarus, Perancis, Belgia, Jerman, Bulgaria, Slovakia dan Indonesia," terangnya.

Limbong menjelaskan, Jakarta Youth Choir berhasil memenangi grand prix dan menjadi juara dalam empat dari enam kategori yang dilombakan. Sementara, untuk kategori lainnya berhasil keluar sebagai runner up dan 2nd runner up.

"Medali emas kita dapat dari empat kategori yakni, kategori Tradizional Music, Choreographic Folklore, Polyphonic, Music Male Choir dan Pop-Modern-World Fussion. Prestasi ini disempurnakan dengan meraih kategori utama atau Grand Prix Winner dengan nilai 29,5 dari total 30 poin," urainya.

Ia menambahkan, Jakarta Youth Choir (JYC) dengan konduktor Septo Adi Kristanto
Simanjuntak sebelumnya juga telah berhasil meraih puluhan prestasi bergengsi di tingkat nasional dan internasional.

Sementara itu, Konduktor Jakarta Youth Choir, Septo Adi Kristanto menyampaikan kepada seluruh peserta pemuda 14 Negara bahwa kompetisi ini menjadi perjuangan dan kemenangan bersama dalam menghadapi pandemi COVID-19 di seluruh dunia.

"Tahun ini, seharusnya Jakarta Youth Choir diundang mengikuti World Choir Games di Belgia. Namun, dikarenakan pandemi, kompetisi tertinggi paduan suara dunia tersebut akan diundur di tahun 2021," tandasnya.

Untuk diketahui, berikut prestasi Jakarta Youth Choir di Consorco Corale Internazionale Roma 2020;

1. Category Winner of Tradizional Music
2. Category Winner of Choreographic Folklore
3. Category Winner of Polyphonic Music Male Choir
4. Category Winner of Pop-Modern-World Fussion
5. The 1st Runner Up of Polyphonic Music Youth Choir & Ensamble
6. The 2nd Runner Up of Polyphonic Music Mixed Choir & Ensamble
7. Grand Prix Winner of Consorco Corale Internazionale Roma 2020


Jakarta Youth Choir berdiri sejak tahun 2015 dan telah memiliki puluhan penghargaan nasional dan internasional.

Tahun 2020 merupakan tahun ketiga Jakarta Youth Choir meraih juara internasional. Pada 2019, enam penghargaan berhasil diraih melalui ajang The XXVII International Choir Festival and Competition of Sacred Music, 'Cantate Domino' 2019 yang berlangsung di Lithuania. Serta empat penghargaan juga diperoleh Jakarta Youth Choir dalam kejuaraan yang sangat prestisius  yakni, The XIV International Warsaw Choir Festival 2019 pada 21 Novemver 2019 di Polandia.

Sementara pada 2018, tim JYC berhasil meraih penghargaan pada ajang Oriental Choir Competition International di Singapura; Joy Dancing Beijing Festival di Tiongkok; serta Chorus Inside Advent International Choir Competition di Roma, Italia yang berhasil menjadi juara di semua kategori.


sumber : beritajakarta.id