DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA DKI JAKARTA
Tak Mau Ketinggalan, Anggar Kursi Roda DKI Jakarta Sumbangkan Emas

Dipublikasikan pada 10 Oct 2024 oleh Administrator


Solo- Seakan tidak ingin ketinggalan dengan cabang olahraga Para Atletik dan Para Bulutangkis yang masing-masing menyumbangkan medali emas pertamanya pada hari ketiga gelaran Peparnas XVII Solo 2024 Rabu (9/10). Kini giliran cabang olahraga Anggar Kursi Roda yang ikut menyumbangkan medali emas.  Emas disumbangkan melalui nomor Men's Sabre Individual Category B dengan klasifikasi atlet dengen keseimbangan duduk yang cukup dan lengan anggar normal yang diraih Ryo Afandi yang baru saja memenangkan pertandingan final melawan Agus Suprayitno asal Jawa Tengah dengan skor 15-13 di  Solia Zigna Kampung Batik Jl. Dr. Rajiman No.525, Laweyan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

Pada babak penyisihan Grup A Ryo menjalani enam pertandingan, pertandingan pertama Ryo mengalahkan M. Soleh atlet Sumatera Selatan dengan skor 5-2. Lalu pada babak penyisihan berikutnya ia mengalahkan Sugiyo yang juga asal Jawa Tengah dengan skor 5-1. Di penyisihan ketiga, bertemu Agus Suprayitno Ryo menang 5-3, dan penyisihan keempat ia menundukkan Kasep Ayatulloh MA Jawa Barat 5-4. Penyisihan kelima Ryo harus berhadapan dengan atlet DKI Jakarta lainnya Angga Budi Prasetyo 5-0 tanpa balas, dan di penyisihan keenammencukur Budi Sutego asal Riau juga dengan skor 5-0. Ryo melangkah ke final setelah mengalahkan Angga yang pernah ia kalahkan pada penyisihan kelima  dengan skor 15-10. Kalah dari Ryo, Angga memperoleh medali perunggu di nomor yang sama.

Ryo mengaku sangat senang target emas yang dibebankan pada dirinya dapat tercapai. Terlebih raihan ini merupakan emas pertama dari cabor Anggar Kursi Roda diantara empat medali perunggu yang dikumpulkan dari nomor Men’s Foil Team, Men’s Sabre Individual Category A, Men’s Sabre Individual Category B dan Women’s Epee Individual Category B. “Sangat senang sekali karena target tercapai”, ungkapnya bersyukur. Total cabor Anggar Kursi Roda sudah mengoleksi  satu emas dan empat perunggu.

Dalam menghadapi Peparnas XVII Solo 2024 Ryo beserta rekan-rekan atlet lainnya mendapatkan pelatihan intensif  selama tiga bulan di Jakarta. Dan pembinaan itu dianggapnya cukup untuk menghadapi pertandingan-pertandingan yang akan dihadapinya. Menurutnya euforia kemenangan ini tidak boleh berlarut-larut sebab ia harus kembali fokus untuk target emas berikutnya pada nomor beregu. “Masih harus fokus mencapai emas target beregu”, tegasnya.

Ryo sangat berterima kasih atas dukungan dari Pemprov DKI Jakarta khususnya Dispora dan NPC DKI Jakarta yang sangat luar biasa sehingga ia bisa fokus bertanding dan meraih medali secara maksimal tanpa ada kendala yang berarti. "Terima kasih atas dukungan yang luar biasa", tutupnya untuk mengikuti UPP.