DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA DKI JAKARTA
Bersama Jawa Barat, DKI Rajai Cabor Para Renang

Dipublikasikan pada 09 Oct 2024 oleh Administrator


Solo- Pada hari keempat Kamis (10/10) di ajang olahraga bagi penyandang disabilitas terbesar di Indonesia Peparnas XVII Solo 2024 terlihat kontingen DKI Jakarta dan Jawa Barat saling berebut medali pada cabang olahraga Para Renang yang digelar di kolam renang Intanpari Karanganyar Solo. Sampai dengan pukul 11.48 waktu setempat perolehan medali emas diantara keduanya hanya terpaut tiga medali emas khusus cabor para renang.

Terlihat pada situs resmi peparnas17.id, Jawa Barat memimpin capaian medali di cabor para renang dengan memperoleh 14 medali emas, 11 perak dan 11 perunggu, diikuti kontingen DKI Jakarta yang hanya berselisih 3 medali emas dengan 11 medali emas, 11 perak dan 8 perunggu. Sedang tuan rumah Jawa Tengah menempel di posisi ketiga dengan 8 emas, 5 perak dan 11 perunggu. 

Saat dikonfirmasi mengenai kemungkinkan adanya peluang untuk menyamakan jumlah emas dengan Jawa Barat atau bahkan melampui perolehan, Bayu Ciputra Satrio pelatih Para Renang sudah tidak memasang target untuk medali emas. Hanya pada beberapa nomor pertandingan dirinya memprediksi masih akan menambah perak dan perunggu. Namun ia juga tidak menutup kemungkinan terjadi kejutan-kejutan yang diberkan para atletnya.  “Untuk pertandingan besok perak dan perunggu .tapi kayak  kemarin ga ada target emas tapi dapet 2 emas. Semua diluar prediksi”, ujarnya bangga.

Hal senada juga disampaikan Dedy Dwi Widodo, Manajer Tim Cabor Para Renang DKI Jakarta yang menurutnya untuk menyamai Jawa Barat dan Jawa Tengah dengan membawa 37 atlet cabor Para Renang dibandingkan kedua daerah tersebut tentu bukan hal yang mudah. “Namun demikian saya dan tim terus memberi semangat dan motivasi kepada para atlit untuk jangan menyerah dan putus asa. Karena tidak ada yang tidak mungkin kalau kita tetap semangat dan kerja keras serta didukung dengan doa dan restu para orang tua atlet yang ikut memberi support di lokasi pertandingan. Buktinya atlit DKI sudah banyak memberikan kejutan dengan perolehan medali dan mengalahkan atlet provinsi yang menjadi unggulan”, ungkapnya.

Pada hari ini, cabor Para Renang menambah dua medali emas dari Rafi Syafar pada nomor 200 m Gaya Ganti S14 Putra dan Ferdy Salam di nomor 200 m Gaya Ganti S9 Putra. Dan lima medali perak melalui Kristian Julian Vano nomor 50 m Gaya Kupu-kupu S10 Putra, Anastasya Putri Nur Roqim nomor 200 m Gaya Bebas S9 Putri, Dian Pinta Uli Siringo Ringo nomor 100 m Gaya Dada S11 Putri, Firstania Kayla Amir nomor 100 m Gaya Dada S13 Putri, dan Bambang Triyanto nomor 100 m Gaya Dada S5 Putra. Sedangkan tiga perunggu disumbangkan oleh Aulia Auranya Aji nomor 100 m Gaya Dada S13 Putri, Feri Anggara nomor 100 m Gaya Dada S5, dan Iqbal Adi Saputra nomor 50 m Gaya Bebas S7 Putra.

Dan dari catatan tersebut Rafi Syafar masih memegang peraih medali emas terbanyak dibanding rekan-rekan atlet lainnya di cabang olahraga Para Renang dengan mempersembahkan tiga medali emas untuk DKI Jakarta.